• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMP Katolik IGNATIUS SLAMET RIYADI. Telah Dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru 2021-2022 Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Nomor Kontak. Info Kontak TK. 0267-8604101, SD. 0267-601145, SMP. 0267-600234, SMA 0267-8604065. .. Terima Kasih Atas Kunjungannya ..

Kontak Kami


SMP IGNATIUS SLAMET RIYADI KARAWANG

NPSN : 20237174

Jl.Pandawa Perumahan Resinda - Karawang


info@smpslametriyadi-karawang.sch.id

TLP : 0267-600234


          

Photo Staf


Banner

Jajak Pendapat

Bagaimanakah pendapat Anda mengenai pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Tidak Baik
  Lihat

Agenda

30 November 2020
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

Statistik


Total Hits : 104915
Pengunjung : 49257
Hari ini : 1
Hits hari ini : 1
Member Online : 2
IP : 3.94.21.209
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS




Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum dan infrastruktur yang baik.

Untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

 

SMP Ignatius Slamet Riyadi Karawang menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu). Kegiatan yang digelar di selasar lantai 3 sekolah tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Pemilihan Ketua OSIS SMP Ignatius Slamet Riyadi Karawang dilaksanan pada Jum'at, 1 November 2019. Setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2018-2019. Pada kesempatan ini pemilihan ketua OSIS SMP Ignatius Slamet Riyadi Karawang dirancang sama seperti yang dilaksanakan pada saat pemilihan umum beberapa waktu lalu, masih menggunakan sistem pencoblosan.

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon anggota OSIS yang dipilih dari siswa kelas 7 dan 8, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Setelah itu pembina OSIS, Mrs. Ayut, akan memilih 3 kandidat kelas 8 sebagai calon ketua OSIS dan 3 kandidat kelas 7 sebagai calon wakil ketua OSIS yang sanggup menerima tugas dan kewajibannya sebagai pengurus OSIS periode mendatang. Caketos dan Cawaketos yang terpilih adalah sebagai berikut;

Kandidat Nomor 1 Kandidat Nomor 2 Kandidat Nomor 3
Indra Exaudi Situmorang Ravellino Suwandi Darren Santoso
Synthia Rachel Zefanya Venito Manopo Paulus Bagus Adi

Banyaknya pertanyaan dari siswa kelas 7, 8 dan 9 menunjukkan harapan yang besar akan kinerja OSIS yang lebih baik di tahun ini. Pertanyaan yang banyak ditanyakan antara lain;Bertempat di selasar lantai 3 gedung sekolah Ignatius Slamet Riyadi, para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan pada masa jabatan 2019/2020 di depan seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9. Setelah itu dimulailah sesi debat kandidat mengenai kondisi sekolah dan masalah sekolah yang harus segera ditangani oleh OSIS.

   

  1. Siswa-siswi yang saling mengejek nama orangtua di dalam maupun di luar kelas
  2. Perundungan yang terjadi lewat ruang obrolan daring secara verbal
  3. Siswa-siswi yang hutang di kantin tapi tidak pernah melunasi
  4. Kesiapan para calon OSIS sebagai visual sekolah yang dituntut lebih baik dari siswa lain
  5. Bagaimana jika hingga akhir periode visi misi tidak terlaksana

Jawaban yang diberikan oleh setiap kandidat mendapatkan respon yang baik dari semua siswa yang menyaksikan jalannya debat, dimulai dari pemberian SP bagi siswa dan guru yang mengejek nama orangtua, ancaman undang-undang ITE bangi pelaku perundungan daring, utang yang merupakan harta bagi kantin sehingga perlu kesadaran untuk melunasi hutang, kesanggupan OSIS menunjukkan bahwa mereka bisa lebih unggul dan tertib dari siswa lain serta upaya kerja keras dan kerjasama yang solid agar kinerja OSIS dapat terlaksana dengan baik.

Pelaksanaan pemungutan suara dibagi menjadi 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diatur di selasar lantai 3. Setiap siswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIS. Diharapkan semua siswa menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan. Satu persatu siswa pemilih mendatangi TPS untuk mendapat kertas suara, melakukan pencoblosan. Memasukkan ke kotak suara dan satu jari ditandai dengan tinta. Kurang lebih 185 siswa dan 14 guru dan staf telah melaksanakan hak pilihnya. Akhirnya sampai pada saat yang ditunggu yaitu penghitungan suara. Penghitungan suara juga dilaksanakan seperti Pemilu. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil).

  

  

Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua OSIS disampaikan oleh pembina OSIS. Apapun hasilnya, pastilah yang terbaik untuk masa depan dan kebaikan SMP Ignatius Slamet Riyadi.

Sambil menunggu proses pengumpulan suara dan istirahat sejenak ditampilkan beberapa performa ekskul diantaranya moderen dance. Saatnya pengumuman kandidat OSIS yang terpilih dan berhak menjabat menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2019-2020, yang akan dilantik pada 11 November mendatang.

Akhirnya terpilihlah kandidat nomor 3 Darren Santoso siswa kelas 8A dan Paulus Bagus Adi siswa kelas 7C sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2019-2020 dengan perolehan 147 suara.

 

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

 

Selamat menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Wakil Sekolah, semoga dapat menajdi motivasi bagi peserta didik lainnya agar menjadi lebih baik. Terimakasih juga untuk pengurus OSIS periode 2018-2019 yang telah bekerja keras untuk menjadi contoh bagi siswa lain dan membantu sekolah menjalankan kegiatan sekolah.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas